Rabu, 19 Februari 2014

Kata Pengantar

Oleh: Pdt. Dr. Anthon Rumbewas
(Steering Committee Panitia)

Patutlah kita naikkan puji dan syukur kepada Tuhan Kepala Gereja atas kasih dan penyertaan-Nya yang tak pernah berhenti dalam hidup kita. Khususnya atas perkenan-Nya telah memanggil dan melibatkan kita selaku pribadi maupun persekutuan untuk ikut-serta melaksanakan misi kesaksian, pelayanan dan persekutuan dalam Gereja-Nya.

Salah satu misi yang penting pada aras struktur Gereja di tingkat jemaat adalah pelaksanaan Sidang Jemaat. Sidang Jemaat ke-XV Jemaat Immanuel Hamadi tahun 2014, berlangsung di bawah sorotan tema: DIPERSATUKAN DALAM IKATAN KASIH. Dan sub tema: DENGAN SEMANGAT SATU HATI SEBAGAI GEREJA, JEMAAT IMMANUEL HAMADI MENATA DAN MEMBERDAYAKAN STRUKTUR ORGANISASI GUNA MENINGKATKAN PERSATUAN, KESAKSIAN DAN PELAYANAN.

Suatu Sidang Jemaat mengandung prinsip-prinsip teologis atau alkitabiah sebagai berikut:
  1. Sidang Jemaat itu adalah sebuah pesta iman
  2. Sidang Jemaat adalah sebuah forum untuk merenungkan tugas panggilan kita sebagai orang percaya atau orang-orang kudus
  3. dan otoritas suatu Sidang Jemaat berlangsung di bawah pemerintahan Kristus
  4. Sidang Jemaat adalah suatu persidangan jemaat untuk penetapkan pokok-pokok panggilan dan amanat gereja
Berdasarkan dasar pemahaman ini, maka sekarang sebagai anggota sidang jemaat atau peserta persidangan yang menurut ayat 6 dari Bab IV pasal 9 yang terdiri dari: Anggota Sidi Jemaat, Majelis Jemaat, Badan Pelayan Unsur-unsur Jemaat, Badan Pekerja Klasis dan Badan Pekerja Am Sinode, harus memiliki cara pandang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan sidang jemaat ini kepada tujuan yang berkenan kepada Allah. Jadi tugas kita yang utama adalah berpikir positif menyumbangkan pengetahuan kita bagi peningkatan kesaksian, pelayanan dan persekutuan dalam jemaat.

Berkenan dengan pelaksanaan Sidang Jemaat ke-XV tahun 2014, maka Buku Panduan ini berfungsi sebagai pedoman yang mengikat, mengarahkan seluruh perhatian, kepatuhan dan keikut-sertaan secara aktif mengikuti setia agenda persidangan yang telah dijadwalkan dari awal hingga akhir.
Akhirnya, panitia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung bagi panitia baik secara moril maupun material sehingga Sidang Jemaat ke-XV Jemaat Immanuel Hamadi tahun 2014 dapat terlaksana sesuai rencana.

“SELAMAT BERSIDANG, TUHAN BERKATI”