Kamis, 22 Agustus 2013

Software SIGer (Sistem Informasi Gereja)




Software SIGer (Sistem Informasi Gereja) adalah software gereja yang fungsinya adalah untuk mengelola database gereja di tingkat Jemaat/Gereja.
Software SIGer dirancang sebagai sebuah software gereja yang memiliki fleksibilitas tinggi. Software gereja ini mampu melakukan penyesuaian terhadap berbagai jenis kebutuhan data gereja dengan kemampuan kustomisasi menu dan istilah-istilah khas yang digunakan oleh Gereja setempat. Artinya, software ini dirancang untuk mampu mengadaptasi kebutuhan data Jemaat dan Gereja sehingga dipastikan dapat digunakan oleh Gereja manapun. Tujuan utama kehadiran software gereja ini adalah membantu para pelayan gereja–-pengelola gereja-–untuk kemudahan dan kecepatan dalam pengarsipan dan akses data gereja, kemudahan dalam pelaporan dan presentasi data warga jemaat, serta kemudahan dalam memahami, memetakan, dan mengelola potensi warga gerejanya.

 
Database Gereja versi SIGER


  • Data Individu. Data lengkap nama, alamat, tempat/tgl lahir, jenis kelamin, golongan darah, keterangan cacat, pendidikan, pekerjaaan, status nikah, status kewargaan Gereja (warga jemaat, warga titipan atau simpatisan, warga dengan pengembalaan khusus), dsb.
  • Data KK. Data lengkap keluarga seperti nama keluarga, nama kepala keluarga, anggota keluarga, status anggota keluarga (ayah, ibu, anak, ponakan, pembantu, dll).
  • Data kelompok usia. Data warga jemaat berdasarkan kelompok usia, dapat diatur “rentang usia” kelompok usia ini sesuai kebutuhan gereja pengguna.
  • Data Cabang/satelit/sektor. Data kelompok ibadah yang biasanya merupakan pecahan/cabang dibawah gereja. Nama cabang/satelit/sektor bisa dimasukin sendiri sesuai istilah yang digunakan gereja dan ada penanda untuk cabang/sateli/sektor yang “bakal menjadi jemaat baru”.
  • Data Komisi. Data nama komisi dan nama pimpinan/anggota komisi tersebut. Contoh data komisi anak, komisi bapa, komisi ibu, komisi lansia, dll.
  • Data Majelis Jemaat. Data pelayan jemaat yang biasanya merupakan pimpinan jemaat cabang/komisi/kelompok ibadah, disertai data periode kerja.
  • Data Staf Gereja. Data pegawai administrasi dan pegawai gereja lainnya seperti kostor, pekarya kebun/taman, sound system, dll.
  • Data Pendeta. Data profil dan periode kerja pendeta aktif dan data pendeta-pendeta yang sebelumnya pernah melayani di jemaat/gereja tersebut.
  • Arsip Dokumen. Pengarsipan dokumen warga jemaat (surat sidi, baptis, nikah, atestasi, dll) dan dokumen gereja (warta jemaat, tata cara ibadah, kumpulan lagu, SK, dll) dalam bentuk “softcopy” (format pdf/jpg/bmp). yang dapat diakses dan dicetak. Penting: merupakan aplikasi tambahan.
  • Agenda Kegiatan Gereja. Data kegiatan gereja seperti jadwal ibadah, kegiatan kepanitiaan, kegiatan komisi/sektor, jadwal PA, perlombaan, dll. Kegiatan pendeta dan majelis seperti jadwal perkunjungan atau pastoral, pelayanan, dll. Untuk beberapa jenis data disertai keterangan “rencana dan realisasi”. Penting: merupakan aplikasi tambahan dan masih dalam proses pengembangan.
Anda bisa mencoba software Sistem Informasi Gereja versi demo dengan GRATIS. Informasi selengkapnya mengenai Software/Aplikasi  SIGer dapat dilihat di website SIGer